Majelis taklim merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan nonformal khas Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua PBNU KH Ahmad Fahrur Rozi atau akrab disapa Gus Fahrur mengatakan, majelis taklim merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan nonformal khas Islam yang tumbuh subur di tengah-tengah masyarakat sejak lama. Menurut dia, majelis taklim yang kerap diselenggarakan di masjid dan mushala atau tempat lainnya telah mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.


“Melalui majelis taklim masyarakat dapat mendapatkan pencerahan, bimbingan, dan penguasaan materi keagamaan yang baik dan benar untuk kemaslahatan berbangsa dan bernegara, mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, keberadaan lembaga ini sangat efektif menjadi salah satu sarana pembinaan moral spiritual masyarakat untuk menambah pengetahuan keislaman dan meningkatkan kualitas sumber daya Muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,” katanya.


Saat ini, Kiai Fahrur menilai, perkembangan majelis taklim perlu difasilitasi pemerintah agar terarah dan menghindari dai yang tidak kompeten atau radikal. 





Source link