IHRAM.CO.ID,JAKARTA–Persentase calon jamaah haji yang telah melakukan vaksinasi terus meningkat. Kepala Pusat Kesehatan haji Budi Silvana mengatakan, sampai saat ini jamah yang sudah divaksin mencapai 78 persen.

 

“Kemarin 76 persen, sekarang sudah 78 persen,” kaata Budi saat dihubungi Republika, Rabu (17/5/2022).

Budi mengatakan, jumlah itu akan terus meningkat menjelang keberangkatan calon jamaah umrah ke Arab Saudi. Sesuai waktu yang sudah dijadwalkan keberangkatan pertama jamaah haji pada tanggal 4 Juni 2022.

“Ada akselerasi menjelang keberangkatan,” ujarnya.

Sebelumnya, saat pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Budi Sylvana menyampaikan, berdasarkan data terakhir ada sekitar 76 persen jamaah haji yang sudah divaksin dosis lengkap. 

“Masih ada sebagian jamaah Indonesia calon jamaah ini yang vaksinasi covid nya masih belum lengkap. Kalau data kami ada 76 persen yang sudah lengkap, artinya jamaah ini lah yang bisa diberangkatkan,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana, saat memberikan arahan pada bimbingan teknis PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa(17/5/2022).

Budi mengatakan jamaah haji yang belum dosis lengkap keberangkatannya bisa terancam. Karena vaksinasi dengan dosis lengkap menjadi syarat utama jamaah haji bisa diberangkatkan.

“Sehingga yang tidak mempunyai dosis lengkap itu mungkin terancam tidak di berangkatkan,” katanya.

Untuk itu kata dia, semua pihak khususnya petugas kesehatan punya tugas yang sama yaitu untuk dapat meyakinkan agar jamaah haji segera mau melakukan vaksinasi lengkap. Vaksinasi kepada jamaah haji ini menjadi amanah dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin disampaikan kepada petugas kesehatan. 

 





Source link