Minum air dingin bikin gemuk, mitos atau fakta?

Banyak yang ngeluh kenapa sih padahal udah nggak makan cuma minum jus aja tapi nggak kurus-kurus?

Jakarta (ANTARA) – Mengonsumsi air dingin sering dinilai bisa menyebabkan kegemukan, dan apakah anggapan itu fakta atau hanya mitos?

“Pasien saya juga pernah bilang ‘Nih dok anak saya gimana mau turun berat badannya orang minum es terus’ gitu. Loh ya nggak apa-apa. Asalkan nggak ditambahin gula, sirup, atau minuman manis lainnya,” kata dokter spesialis ahli gizi klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK saat dijumpai di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis.

Lebih lanjut, Cindy menjelaskan bahwa air mineral tidak memiliki kalori baik dalam kondisi dingin maupun tidak. Sehingga, mengonsumsi air dingin tidak dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Baca juga: Menurunkan berat badan dengan diet defisit kalori

“Air putih itu nggak ada kalorinya. Kecuali sudah ditambahin sirup, susu, dan lain-lain. Jadi mitos kalau dibilang air putih dingin bisa menyebabkan tubuh jadi gemuk,” paparnya.

Selain itu, Cindy juga mengingatkan agar seseorang yang sedang dalam proses diet penurunan berat badan untuk selalu memperhitungkan kalori yang dia konsumsi. Sebab, masih banyak masyarakat yang salah kaprah terkait pola diet yang sedang dijalaninya.

Misalnya diet yang hanya mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus. Cindy mengatakan bahwa kalori yang terdapat dalam satu gelas jus yang mereka buat sama sekali tidak diperhitungkan dengan baik oleh sebagian besar orang. Alhasil, diet pun tidak akan berhasil dan justru dapat meningkatkan berat badan.

“Jadi gini, kalau mau diet yang menurunkan berat badan, itu yang harus kita pertimbangkan adalah kalorinya. Misalnya jus. Pasien saya bilang ‘Dok aku makan buah tapi dalam bentuk jus’. Dia bilang sehari 5 sampai 6 gelas dan nggak pakai gula. Tapi kalorinya berapa?” jelas Cindy.

“Misal jus jeruk, satu gelas berapa jeruk yang dipakai? Nggak mungkin cuma satu dong karena kan airnya dikit banget. Jadi harus banyak jeruknya supaya bisa jadi banyak segelas jeruk murni. Nah satu jeruk kalau kecil 50 kalori, gede 100 kalori. Hitung saja, dikalikan dengan jeruk yang dipakai jadi satu gelas,” imbuhnya.

Baca juga: Tips kembalikan berat badan ideal usai libur Lebaran

Pola diet yang sehat perlu dipahami terlebih dulu sebelum menerapkannya, kata Cindy. Selain dapat menyebabkan lonjakan berat badan, persepsi diet yang salah juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, Cindy pun menyarankan agar masyarakat berkonsultasi terlebih dulu kepada ahli jika ingin menurunkan berat badan dan tidak sembarang percaya dengan mitos-mitos diet yang beredar.

“Banyak yang ngeluh kenapa sih padahal udah nggak makan cuma minum jus aja tapi nggak kurus-kurus? Ya itu tadi. Karena kalorinya tetap nempel. Nggak turun berat badannya karena salah persepsi. Misal nggak makan nasi, tapi kalorinya tetap lewat. Mendingan sekalian makan nasi dengan gizi yang lengkap, kenyang. Daripada cuma minum doang? Jadi kalau mau menurunkan berat badan itu sebenarnya yang harus diperhatikan betul-betul adalah kalorinya,” tutupnya.

Baca juga: Simak tiga mitos yang keliru tentang menaikkan berat badan

Baca juga: Tips konsumsi karbohidrat agar tak sebabkan kenaikan berat badan

Baca juga: Kenaikan berat badan jadi masalah populer saat pandemi

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

|0|https://www.antaranews.com/berita/3146697/minum-air-dingin-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta|1|https://img.antaranews.com/cache/800×533/2022/09/29/IMG_20220929_143919_581.jpg|2|www.antaranews.com|E|

Unik Banget, Produk Perawatan Kulit Ini Mengusung Kecanggihan Nanoteknologi

Suara.com – Melihat tingginya kebutuhan pasar akan kesehatan kulit yang mendorong kecantikan dan kepercayaan diri, FUJIFILM Indonesia meluncurkan produk perawatan kulit yang canggih dan aman, ASTALIFT, pada Kamis (29/9/2022).

Pengalaman selama puluhan tahun di bidang fotografi menjadi modal FUJIFILM untuk mengembangkan pendekatan ilmiah dengan dasar riset dan ilmu pengetahuan serta teknologi mutakhir guna menghasilkan ASTALIFT.

“Semangat NEVER STOP sekali lagi kami gaungkan melalui inovasi tiada henti yang kini bermuara pada ASTALIFT. Kami senantiasa ingin menyediakan produk dan layanan yang bermakna serta mampu membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia, Masato Yamamoto, dikutip dari siaran pers.

Seperti apa jadinya jika perusahaan fotografi terjun ke dunia kecantikan? Masato Yamamoto mengatakan, “Kami menggunakan empat teknologi mutakhir dari dunia film fotografi, untuk menghasilkan produk perawatan kulit unggulan untuk memenuhi kebutuhan akan kulit sehat. Nanoteknologi kami yang sangat canggih telah menjadi inti di balik keunikan ASTALIFT.”

Baca Juga:
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Perawatan ke Klinik Kecantikan

Berbagai produk perawatan kulit dari ASTALIFT (Instagram/astalift_indonesia)
Berbagai produk perawatan kulit dari ASTALIFT (Instagram/astalift_indonesia)

ASTA berasal dari bahasa Jepang yang artinya ‘hari esok’, mewakili harapan akan esok yang lebih baik. LIFT menunjukkan bagaimana FUJIFILM memahami konsumen yang selalu mendambakan perbaikan, kecantikan dan kepercayaan diri.

Takashi Miyako, Corporate Planning General Managing FUJIFILM Indonesia memaparkan. “Para ahli kami memahami bahwa rahasia kulit awet muda adalah kelembapan dan elastisitasnya. Kandungan utama ASTALIFT adalah nano-astaxanthin, pigmen merah organik (karotenoid) yang diproduksi oleh mikroalga; yang kaya antioksidan untuk mengencangkan, melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Bahan unggulan berpadu teknologi FUJIFILM menjadikan ASTALIFT sebagai produk perawatan kulit yang tak hanya nyaman namun juga aman.”

Rangkaian produk perawatan kulit ASTALIFT mempunya beberapa line up, yakni mulai dari In-Focus Supreme Serum, White Series Skincare, Red Series Skincare, hingga UV Care.

Salah satu produk ikonis ASTALIFT adalah Jelly Aquarysta. Produk ini merupakan bagian dari rangkaian skincare series yang multifungsi. Kandungan astaxanthin dari mikroalga tersaji dalam produk bertekstur jelly warna merah yang bisa digunakan sebagai booster maupun pelembap. Berkat nanoteknologi, ASTAFLIFT Jelly Aquarysta mampu meresap ke dalam lapisan kulit terdalam dengan mudah sehingga efeknya pun terasa instan di hari berikutnya.

Selain itu, dalam waktu dekat, FUJIFILM Indonesia juga siap menambah varian baru ASTALIFT dengan produk perawatan kulit inovatif lainnya.

Baca Juga:
Klinik Kecantikan Kian Menjamur, Inovasi Teknologi Perawatan Kulit yang Semakin Canggih Jadi Kuncinya


|0|https://www.suara.com/lifestyle/2022/09/29/140455/unik-banget-produk-perawatan-kulit-ini-mengusung-kecanggihan-nanoteknologi|1|https://media.suara.com/pictures/970×544/2022/09/29/52490-berbagai-produk-perawatan-kulit-dari-astalift-instagramastalift-indonesia.jpg|2|www.suara.com|E|

AS Siapkan Langkah Tambahan untuk Merespons Referendum Rusia

Amerika Serikat dalam beberapa hari ke depan akan membebankan biaya ekonomi pada Rusia atas referendum “palsu” yang digelarnya di wilayah Ukraina yang diduduki, kata Departemen Luar Negeri AS pada Rabu (28/9).

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan kepada wartawan bahwa AS bersama sekutu dan mitra akan terus berusaha “lebih menekan Rusia.”

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre menambahkan bahwa langkah-langkah itu akan mencakup hukuman pada individu dan entitas, di dalam dan di luar Rusia, yang mendukung aneksasi.

Rusia, pada Rabu, menyatakan siap mencaplok wilayah Ukraina, dengan merilis apa yang disebut hasil penghitungan suara yang menunjukkan dukungan di empat provinsi yang sebagian diduduki untuk bergabung dengan Rusia.

Tindakan tersebut menuai kecaman. Pihak Kyiv dan Barat menyebutnya sebagai referendum palsu ilegal yang diadakan di bawah todongan senjata.

Pihak berwenang yang didukung Rusia mengklaim telah melakukan referendum selama lima hari di sejumlah provinsi yang membentuk sekitar 15 persen dari wilayah Ukraina.

Presiden Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan itu dalam pidatonya dalam beberapa hari, lebih dari seminggu sejak dia mendukung pelaksanaan referendum tersebut, memerintahkan mobilisasi militer di dalam negeri dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir jika perlu demi mempertahankan Rusia. [ka/jm]

|0|https://www.voaindonesia.com/a/as-siapkan-langkah-tambahan-untuk-merespons-referendum-rusia/6768196.html|1|https://gdb.voanews.com/03990000-0aff-0242-6f6f-08daa0aa0bc4_w1200_r1.jpg|2|www.voaindonesia.com|E|

Niatnya Merakyat, Aksi Nyamar Pangeran William Malah Dibongkar Petugas Kereta

Suara.com – Pangeran William punya pengalaman lucu saat coba menyamar di tempat publik, selama perjalanan kereta api bolak-balik ke Anglesey. Sayangnya, aksi nyamarnya terbongkar oleh seorang perempuan yang ternyata sering menyajikan teh untuknya selama perjalanan di kereta api.

Selama perjalanan seperti itu, Pangeran William sebenarnya duduk di sudut bangku kereta dengan mengenakan topi baseball. Namun, penyamarannya tidak terbukti seefektif yang dia harapkan, karena perempuan itu tahu persis siapa dia.

“Dia berkata ‘Saya menyajikan teh untuk Anda beberapa kali ketika Anda berada di kebaktian Holyhead’. Saya biasa duduk di sudut dengan topi bisbol untuk mencoba berhati-hati. Dan dia akan datang dan berkata ‘secangkir teh seperti biasa, Pak?'” kata William saat bercerita dihadapan masyarakat di Gereja St Thomas di Swansea, dikutip dari Mirror.

Suami Kate Midlleton itu tertawa geli sendiri saat menceritakan pengalamannya.

Baca Juga:
Terungkap Rahasia Pakaian Dalam Andalan Kate Middleton, Ternyata Terjangkau!

Intip Gaya Kate Middleton dan Pangeran William dalam lukisan terbaru yang dipamerkan di museum (Instagram/britishvogue)
Intip Gaya Kate Middleton dan Pangeran William dalam lukisan terbaru yang dipamerkan di museum (Instagram/britishvogue)

Mereka yang duduk dalam kelompok di sekelilingnya juga ikut tertawa terbahak-bahak mendengar cerita lucu William.

Duke and Duchess of Wales selama minggu ini telah memulai tur kerajaan resmi pertama mereka setelah memiliki gelar baru sebagai bangsawan. William dan Kate telah bertemu dengan berbagai komunitas dan belajar lebih banyak tentang pekerjaan penting organisasi amal utama.

Pasangan kerajaan itu menjadikan rumah keluarga pertama mereka di Anglesey sebagai rumah bagi pengantin baru. Rumah ala pedesaan itu memiliki empat kamar tidur yang akan diwariskan sebagai rumah pertama untuk Pangeran George, putra sulung William dan Kate.

Pengalaman itu bukan satu-satu cerita jenaka yang dilakukan Pangeran William. Bahkan saat hari pernikahannya dengan Kate pada 29 April 2011 lalu, William masih sempat bercanda dengan ayah mertuanya, Michael Middleton

Keduanya saat itu kebetulan tengah berdiri berdampingan di altar. Kemudian William mengatakan, ‘pernikahannya sepi sekali ya!’ kepada ayah Kate.

Baca Juga:
Penampilan Langka Putri Wales Kate Middleton Pakai Celana Pendek, Harga Outfitnya Ternyata Merakyat!

Momen tersebut terungkap dalam buku Kate: An Autobiography karya Marcia Moody.


|0|https://www.suara.com/lifestyle/2022/09/29/110500/niatnya-merakyat-aksi-nyamar-pangeran-william-malah-dibongkar-petugas-kereta|1|https://media.suara.com/pictures/970×544/2022/09/09/39382-pangeran-charles-dan-pangeran-william.jpg|2|www.suara.com|E|

Ibunya Tak Sengaja Campurkan Gula ke Toples Garam, Anak Ini Pusing Minta Carikan Solusi Saat Disuruh Pisahkan Keduanya

Suara.com – Seorang warganet bertanya mengenai solusi dari sebuah permasalahan besar yang sedang menimpa hidupnya di Twitter. Pasalnya, sang ibu menyuruhnya memisahkan gula dan garam yang tak sengaja tercampur.

Hal ini ia tanyakan dalam sebuah cuitan di akun @tanyakanrl. Tentu saja, ini membuat pertanyaannya langsung menjadi sorotan. Ramai-ramai warganet pun memberi solusi hingga komentar tak terduga dalam postingan tersebut.

Sambil memperlihatkan foto antara garam dan gula yang sudah tercampur di sebuah piring, ia mengatakan jika sang ibu baru saja menuang 1/2 kg gula ke toples garam secara tak sengaja.

Atas kesalahannya ini, sang ibu menjadi kesal dan malah memarahi anaknya. Ia meminta anaknya tersebut untuk memisahkan gula dan garam yang sudah tercampur tersebut.

Baca Juga:
Waspada! Ini Penyakit yang Mengintai di Balik Konsumsi Gula Berlebih

“Ada yg pernah misahin garam sama gula nggak, ibuku nggak sengaja nuang gula 1/2 kg ke toples garem tapi aku yang kena marah dan disuruh benerin,” cuitnya seperti dikutip Suara.com pada Rabu (28/9/2022).

Cuitan tersebut pun langsung mendapatkan lebih dari 24 ribu tanda suka, ribuan komentar dan dibagikan kembali oleh banyak akun Twitter lainnya.

Tak disangka, banyak yang memberi saran dengan serius, namun tak sedikit pula yang menuliskan hal-hal konyol untuk permasalahan unik tersebut.

“Pakai beras, Nder. Masukin gula yg tercampur garam tersebut ke ember berisi beras. Aduk-aduk sebentar, lalu menangislah bila harus menangis karena kita manusia,” kata @rajaxxxxxxxx.

“Oooo gampang itu, kalo dijilat asin ya berarti garam, kalo dijilat manis ya berarti gula, selamat menjilati nder,” ungkap @naaxxxxxx.

Baca Juga:
Imbauan dari Dokter, Kurangi Konsumsi Gula Sekarang Juga

“Sini ewallet lu nder, gua kirimin duit buat beli baruu,” tulis @pelexxxxxxx.


|0|https://www.suara.com/lifestyle/2022/09/29/091054/ibunya-tak-sengaja-campurkan-gula-ke-toples-garam-anak-ini-pusing-minta-carikan-solusi-saat-disuruh-pisahkan-keduanya|1|https://media.suara.com/pictures/970×544/2017/06/19/92175-garam-dan-gula.jpg|2|www.suara.com|E|

Tampilan mural batu raksasa Dinasti Song yang ditemukan di Henan

Zhengzhou, China (ANTARA) – Dua mural batu dari Dinasti Song (960-1127) telah ditemukan melalui proses penggalian di Provinsi Henan, China tengah. Mural batu itu menjadi yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditemukan di negara itu, kata para arkeolog sebagaimana diwartakan Xinhua pada Rabu (28/9).

Mural batu tersebut diukir secara simetris di sisi utara dan selatan pada sayap timur Jembatan Zhouqiao dengan ketinggian sekitar 3,3 meter.

Mural-mural batu itu telah menjadi yang terbesar dari Dinasti Song Utara (960-1127) yang ditemukan sejauh ini. Teknik ukirannya yang indah mewakili seni relief tingkat tinggi pada era Dinasti Song (960-1279).

Upaya penggalian lebih lanjut saat ini tengah dilakukan untuk mural tersebut.

Diperkirakan bahwa total panjang satu mural adalah sekitar 30 meter, dan luas ukirannya dapat mencapai 400 meter persegi.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

|0|https://www.antaranews.com/berita/3146013/tampilan-mural-batu-raksasa-dinasti-song-yang-ditemukan-di-henan|1|https://img.antaranews.com/cache/800×533/2022/09/29/CjkinzN007083_20220928_CBMFN0A002.jpg|2|www.antaranews.com|E|

Studi ungkap manfaat minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari

Jakarta (ANTARA) – Minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan kemungkinan hidup lebih lama, demikian menurut studi baru para peneliti di Australia.

Baca juga: Hoaks! Ramuan kopi dan lemon hilangkan lemak di tubuh

Para peneliti seperti disiarkan Insider, Kamis, menganalisis data dari 450.000 orang di Biobank Inggris, yang diamati selama sekitar 12,5 tahun.

Mereka menemukan, peminum kopi bubuk 27 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

Peminum kopi instan dan tanpa kafein memiliki kemungkinan kematian dini 11 persen dan 14 persen lebih rendah.

Menurut studi, orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi, apa pun jenisnya, juga lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular.

Sementara peminum kopi berkafein memiliki kemungkinan sedikit lebih rendah terkena aritmia atau detak jantung tidak teratur.

Baca juga: Benarkan daging kambing, durian, kopi sebabkan hipertensi?

“Temuan kami menunjukkan minum kopi dalam jumlah cukup dapat dinikmati sebagai perilaku yang menyehatkan jantung,” kata penulis utama studi Peter Kistler, dari Baker Heart and Diabetes Research Institute di Australia.

Banyak penelitian menemukan kopi baik untuk orang-orang. Sebuah makalah dalam The Journal of Nutrition tahun lalu menemukan orang Italia yang minum tiga hingga empat cangkir espresso setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena semua penyebab kematian dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Manfaat kesehatan mungkin tetap ada bahkan setelah menambahkan sedikit gula. Orang di Inggris yang minum kopi tanpa pemanis hingga kopi yang sedikit manis memiliki kemungkinan 31 persen lebih kecil untuk meninggal (karena penyakit) dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak minum kopi.

Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang melacak 171.000 orang selama tujuh tahun.

Hubungan antara kopi tanpa kafein dan umur panjang dapat bermanfaat bagi orang yang sensitif terhadap kafein, atau yang ingin membatasi asupan kopi mereka hingga empat cangkir sehari yang direkomendasikan.

Walau begitu, banyak penelitian tentang kopi dan umur tak menemukan hubungan langsung. Studi biasanya mengamati perilaku selama periode waktu, tidak dapat menentukan kausalitas, karena faktor lain seperti lingkungan atau perilaku dapat berkontribusi pada hasilnya.



Baca juga: Sehari menjadi barista, bikin kopi tak semudah kelihatannya

Baca juga: Ritel kopi di Jepang gunakan 370 juta gelas sekali pakai pada 2020

Baca juga: Kopi Kenangan & seniman NFT ciptakan kemasan edisi terbatas 8 pejuang

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

|0|https://www.antaranews.com/berita/3145945/studi-ungkap-manfaat-minum-dua-hingga-tiga-cangkir-kopi-sehari|1|https://img.antaranews.com/cache/800×533/2022/09/29/man-g1ddca9caa_1920.jpg|2|www.antaranews.com|E|

Diduga Terlibat Terorisme, India Larang Kelompok Front Populer

India telah melarang sebuah organisasi Islam, menuduhnya terlibat dalam terorisme dan menyebutnya sebagai ancaman terhadap keamanan negara.

Larangan terhadap “Front Populer” itu diumumkan hari Rabu (28/9) menyusul tindakan keras di seluruh negara itu. Lebih dari 250 anggota kelompok itu telah ditangkap dalam beberapa hari terakhir ini.

Larangan itu juga mencakup afiliasi kelompok itu dan akan berlaku hingga lima tahun ke depan.

Sehari sebelum kelompok itu dilarang, mereka membantah tuduhan melakukan kegiatan anti-nasional dan menyebut kebijakan pemerintah terhadap anggotanya sebagai “upaya mencari-cari kesalahan.”

Organisasi politik kelompok itu, Partai Sosial Demokrat India, mengecam tindakan itu dan menyebutnya sebagai “pukulan langsung terhadap demokrasi dan hak-hak rakyat.”

Pemerintah India telah menyampaikan sejumlah tuduhan terhadap Front Populer India, yang dibentuk sekitar 15 tahun lalu. Pemerintah mengatakan kelompok itu dan mitra-mitranya telah terlibat dalam “pelanggaran serius, termasuk melakukan kegiatan terorisme dan pendanaannya, pembunuhan dengan sasaran tertentu yang mengerikan, dan mengabaikan aturan konstitusional negara itu.”

Kementerian Dalam Negeri India mengatakan Front Populer memiliki hubungan dengan kelompok teroris global dan sejumlah anggotanya telah bergabung dengan ISIS, serta ikut melakukan kegiatan teror di Suriah dan Irak.

Pemerintah India mengatakan kelompok itu “telah mengejar agenda rahasia untuk meradikalisasi bagian tertentu masyarakat” sambil berpura-pura beroperasi sebagai organisasi sosial-ekonomi, pendidikan dan politik.

Kelompok ini pertama kali menarik perhatian setelah pengadilan menghukum beberapa anggotanya karena memotong tangan seorang profesor perguruan tinggi yang oleh beberapa kelompok Muslim dituduh menyampaikan pernyataan menghina terhadap Nabi Muhammad SAW.

Meskipun Front Populer selama bertahun-tahun hanya terbatas di segelintir wilayah selatan India, pengaruhnya telah menyebar ke wilayah lain sejak pemerintah nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa delapan lalu.

Seruan untuk melarang kelompok itu tumbuh setelah terungkapnya peran Front Populer dalam memicu demonstrasi anti-pemerintah beberapa tahun terakhir ini. [em/jm]

|0|https://www.voaindonesia.com/a/diduga-terlibat-terorisme-india-larang-kelompok-front-populer/6767679.html|1|https://gdb.voanews.com/80470000-c0a8-0242-9167-08daa156524f_w1200_r1.jpg|2|www.voaindonesia.com|E|

7 Tanda Hubungan Asmara Sudah di Ujung Tanduk, Segalanya Bisa Makin Memburuk

Suara.com – Ada saatnya di mana hubungan asmara memang lebih baik diakhiri daripada lanjut. Namun, tahukah Anda apa saja tanda hubungan asmara sudah di ujung tanduk?

Tanda hubungan dengan pasangan yang sudah di ujung tanduk biasanya sangat jelas. Ini pada dasarnya terlihat dari perlakuan satu sama lain. Dirangkum dari Bustle, berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Tanda Hubungan Asmara Sudah di Ujung Tanduk

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Roman Odintsov)
Ilustrasi Pasangan (Pexels/Roman Odintsov)

1. Komunikasi memburuk

Baca Juga:
Istrinya Suka Ngamuk karena Tak Mau Tinggal Bareng Mertua, Pria Ini Curhat Dilema Berat

Komunikasi yang baik merupakan dasar dari sebuah hubungan sehat. Ini bukan berarti Anda harus mengirim pesan sesering mungkin pada pasangan, namun bagaimana Anda menyisihkan sebagian waktu di tengah kesibukan untuk mengirim kabar.

Jika Anda sudah enggan untuk melakukannya atau pasangan Anda sudah tidak lagi seperti itu dalam jangka waktu yang lama, mungkin ada yang salah dengan hubungan kalian.

2. Tidak memiliki waktu bersama

Jika hubungan berjalan dengan baik, Anda pasti memiliki waktu untuk bersama, entah sekedar nonton film atau makan malam. Namun, jika Anda punya waktu dan tetap memilih untuk tidak menemui pasangan, bahkan setelah tidak bertemu dalam waktu lama, alangkah lebih baik jika Anda membicarakan hal ini pada pasangan dan mencari jalan tengahnya.

3. Panggilan sayang jarang digunakan

Baca Juga:
Jangan Buang Waktu! Ini 3 Tanda Pasangan Tidak Serius Ingin Menikahimu

Ketika Anda tidak lagi mendengar panggilan sayang dari pasangan Anda, seperti “love”, “babe”, atau “sayang” dan dia memilih memanggil dengan nama panggilan biasa, ini bisa menjadi pertanda buruk.

Coba lakukan hal serupa padanya. Jika pasangan Anda biasa saja, ini bisa berarti dia tidak merasa spesial lagi.

4. Menyimpan rahasia

Berapa banyak rahasia yang Anda sembunyikan dari pasangan saat ini? Jika jawabannya membuat diri Anda sendiri terkejut, ini bukanlah pertanda baik.

Jika salah satu dari Anda melakukan hal-hal yang tidak ingin diketahui satu sama lain, apalagi jika itu sesuatu yang penting, ini merupakan tanda buruk akan sebuah hubungan.

Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels.com/Timur Weber)
Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels.com/Timur Weber)

5. Argumen yang tidak terselesaikan

Membiarkan argumen tidak kunjung usai, terutama jika Anda berdua tidak mau mengalah, bukanlah hal yang baik. Permasalahan lain akan timbul dari satu permasalahan yang tidak diselesaikan. Kondisi ini pada akhirnya akan memicu keretakan hubungan.

6. Mulai apatis

Tanda hubungan asmara sudah di ujung tanduk lainnya adalah sikap apatis atau tidak peduli. Jika biasanya Anda mencari si dia ketika belum memberi kabar saat tengah malam, namun belakangan ini merasa biasa saja, ini menjadi pertanda bahwa Anda tak lagi terlalu memikirkannya.

Jika biasanya menghabiskan pagi hari dengan menyesap teh bersama menjadi pilihan bagus, namun kini Anda memilih untuk pergi lebih pagi sehingga tidak perlu melakukannya, ini benar-benar pertanda hubungan akan berakhir.

7. Harga diri Anda terusik

Tanda disadari, pasangan dapat menjatuhkan satu sama lain karena sejumlah alasan seperti kecemburuan, ketergantungan, hingga rasa takut ditinggalkan, dan ini bukalah jenis hubungan yang sehat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri


|0|https://www.suara.com/lifestyle/2022/09/28/200000/7-tanda-hubungan-asmara-sudah-di-ujung-tanduk-segalanya-bisa-makin-memburuk|1|https://media.suara.com/pictures/970×544/2022/08/16/43102-ilustrasi-pasangan-bertengkar.jpg|2|www.suara.com|E|

Anak butuh asupan air cukup demi tumbuh kembang, ini alasannya

Selain itu, air dalam tubuh berfungsi dalam mencegah konstipasi

Jakarta (ANTARA) – Konsumsi cairan yang cukup setiap harinya sangat penting untuk bayi dan anak-anak agar fungsi tubuh kembang berjalan optimal, kata dokter spesialis anak dr. Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A (K) dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Konsultan nefrologi anak itu, dalam siaran pers Rabu menjelaskan bahwa air adalah komponen terbesar pada tubuh manusia yang punya berbagai fungsi penting, yakni komponen pembentuk sel, cairan tubuh, dan volume darah, membantu mengatur suhu tubuh dan media transportasi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

“Selain itu, air dalam tubuh berfungsi dalam mencegah konstipasi, menjadi cairan pelicin untuk pergerakan sendi dan mata dan menjaga kelembapan kulit, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan,” kata Cahyani.

Baca juga: Memahami efek samping overhidrasi

Tanpa konsumsi air yang cukup, kandungan air dalam tubuh dapat berkurang karena tubuh mengeluarkan air saat melakukan fungsinya, seperti lewat urine, keringat, dan tinja.

“Untuk mempertahankan kandungan air dalam tubuh dan memastikan fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan optimal, konsumsi cairan yang cukup setiap harinya sangat penting, terlebih bagi bayi dan anak-anak.:

Anak punya komposisi tubuh yang berbeda dibandingkan orang dewasa. Volume otot, lemak, dan tulangnya belum sebesar orang dewasa.

Sebab, tubuh anak didominasi oleh proporsi kandungan air yang lebih besar. Semakin muda usia seorang anak, akan semakin besar pula komposisi air dalam tubuhnya. Sekitar 80 persen berat badan bayi terdiri dari air.

Selain itu, luas permukaan tubuh anak secara proporsional lebih besar daripada orang dewasa. Orang dewasa memiliki luas permukaan tubuh 0,26 sentimeter persegi untuk setiap sentimeter kubik volume tubuhnya, sedangkan bayi memiliki luas permukaan tubuh 1,32 sentimeter persegi untuk sentimeter kubik volume tubuhnya.

Baca juga: Pentingnya minum air untuk menjaga kesehatan kulit

Tubuh secara alami mengalami kehilangan cairan melalui permukaan kulit. Oleh sebab itu, bayi dengan luas permukaan tubuh lebih besar daripada dewasa, akan lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan dengan orang dewasa.

“Anak juga memiliki kebutuhan metabolisme yang lebih tinggi daripada orang dewasa sebagai dampak dari tumbuh kembang tubuhnya,” katanya.

Menurut dia, air amatlah penting untuk membantu proses perkembangan fungsi-fungsi organ dalam tubuh anak. Hal inilah yang menyebabkan hilangnya air atau pergantian cairan dan zat terlarut pada anak terjadi lebih cepat dibandingkan pada orang dewasa.

“Selain itu, ada mekanisme protektif tubuh untuk mencegah kehilangan air berlebih, contohnya rasa haus, yang sering sekali belum sempurna pada anak,” katanya.

Sebagian besar anak masih kurang peka dan tidak cepat untuk mengenali atau merasakan rasa haus tersebut, jelas dia.

Baca juga: Batu ginjal disebabkan asupan cairan harian ke tubuh kurang

Baca juga: Dokter: Cukupi kebutuhan cairan minimal dua liter per hari

Baca juga: Dokter: Penderita diabetes harus perhatikan kecukupan cairan tubuh

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

|0|https://www.antaranews.com/berita/3144961/anak-butuh-asupan-air-cukup-demi-tumbuh-kembang-ini-alasannya|1|https://img.antaranews.com/cache/800×533/2022/09/28/girl-g78b7e43f2_1280.jpg|2|www.antaranews.com|E|