Sidang ETWG II Sepakat Percepatan Transisi Energi

Suara.com – Ketua Kelompok Kerja Transisi Energi atau Energy Transition Working Group (ETWG) Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan bahwa para peserta sidang telah menyepakati kesepakatan dalam mempercepat transisi energi untuk diterapkan terutama di negara-negara anggota G20.

“Selama dua hari ini, kita punya komunikasi yang sangat baik. Mereka (anggota G20) mengapresiasi Presidensi Indonesia, apa yang kita sampaikan merupakan apa yang mereka perlukan. Khusus Bali Compact, secara umum mereka sepakat, masih ada sedikit perubahan redaksi,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip dari Antara, Jumat (24/6/2022).

Yudo menjelaskan bahwa keseluruhan konsep Bali Common Principles in Accelerating Clean Energy Transitions (Compact) mengacu pada tiga isu utama, yaitu akses energi, teknologi, dan pendanaan.

Sidang ETWG-2 mengembalikan kepada dasar isu tersebut, sehingga diharapkan bisa menjawab tema besar Presidensi G20 Indonesia, yakni recover together, recover stronger.

Baca Juga:
PT Inka Unjuk Teknologi Bus Listrik E-Inobus di Labuan Bajo

Salah satu poin dalam Bali Compact adalah ketahanan energi yang lahir dari krisis energi akibat ketegangan geopolitik dan pasca pandemi COVID-19.

“Semua sepakat, tidak boleh ada orang di dunia, terutama negara G20 yang tidak mendapatkan akses energi. Makanya, kita mengusulkan keadilan energi,” kata Yudo.

Lebih lanjut ia menekankan bahwa sekarang ini akses energi menjadi permasalahan untuk negara maju maupun negara berkembang.

“Ini pertama kali, mereka (negara maju) berbicara (pentingnya akses energi). Jadi, ini konsen seluruh dunia,” jelas Yudo.

Selain itu, penurunan emisi merupakan salah satu hasil nyata dalam forum energi G20. Menurut Yudo, ini dua sisi mata uang yang sama, sehingga pertemuan energi dan lingkungan didesain secara back to back.

Baca Juga:
Transisi Energi Hijau Bawa Berkah Bagi Sektor Pekerja, Kok Bisa?

Sejauh ini, hasil persidangan belum menentukan secara spesifik jenis teknologi yang dimanfaatkan untuk percepatan transisi energi. Selama persidangan, Presidensi Indonesia justru mendapatkan tawaran dari beberapa negara G20 untuk menerapkan teknologi tertentu, seperti penangkapan karbon atau carbon capture.


|0|https://www.suara.com/bisnis/2022/06/25/000215/sidang-etwg-ii-sepakat-percepatan-transisi-energi|1|https://media.suara.com/pictures/970×544/2022/06/25/73838-etwg.jpg|2|www.suara.com|E|

Posted in Biz

Leave a Reply

Your email address will not be published.